Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Membangun Kos-Kosan, Kenali Pula Biaya dan Keuntungannya

5 Tips Membangun Kos-Kosan, Kenali Pula Biaya dan Keuntungannya - Membangun kos-kos an untuk investasi dan mendapat pasif income akan makin menguntungkan jika menggunakan semen SCG. Kenapa? Simak artikel ini sampai akhir.




 

Bisnis properti, zaman sekarang memang semakin diminati sebagai ladang investasi. Adapun salah satunya yakni ide bisnis membangung kos-kosan. Walaupun sempat surut ketika pandemi, tapi tidak butuh waktu lama bisnis ini kembali melambung.

 

Hal ini tidak lepas dari banyaknya perantau, baik yang bekerja maupun belajar. Sehingga tidak heran jika kebutuhan kosan akan terus bertambah setiap tahunnya.

 

Oleh karena itu, apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk menggeluti bisnis properti, maka tidak ada salahnya apabila mulai dengan berbisnis kosan. Akan tetapi bisa jadi Anda masih bingung bagaimana memulainya dan berapa biaya yang dibutuhkan, berikut ini kita akan membahas tips membangun kos-kosan.


Tips Membangun Kos-Kosan

Apabila Anda ingin memulai bisnis rumah kost, tapi bingung harus memulai dari mana, simak beberapa tips membangun kos-kosan berikut ini.


1. Pilih lokasi yang strategis

Memilih lokasi yang tepat, misalkan lokasi yang dekat sekolah, perkantoran, hingga kampus. Dengan memilih lokasi strategis, maka semakin besar pula potensi indekos Anda tersewa.

 

Tidak hanya itu, bahkan keuntungan yang akan Anda dapatkan pun juga semakin tinggi karena lokasi juga menentukan tarif kosan Anda.

 

Begitu pula sebaliknya, jika lokasi tempat membangun kosan tidak tepat maka pendapatan pun akan cenderung sedikit.


2. Pertimbangkan properti

Sebelum Anda memutuskan membangun indekos, sebaiknya ketahui dulu ukuran standar kamar agar bisa menentukan berapa banyak kamar yang akan dibuat.

 

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan target kosan tersebut. Misalkan apakan nantinya ditujukan untuk mahasiswa atau pekerja. Termasuk tipe kos diperuntukan untuk putra atau khusus putri.


3. Pilih konsep yang unik

Tips membangun kos-kosan yang ketiga yakni memilih konsep kos-kosan dengan desain unik dan kekinian. Misalnya konsep minimalis yang sedang banyak disukai karena lebih estetik.

 

Anda juga dapat mencoba konsep lain seperti mezzanine yang sederhana dengan menempatkan tempat tidur di atas. Konsep ini juga terbilang digemari banyak orang karena ruang tidur terpisah dengan lantai, sehingga terdapat banyak ruang untuk melakukan berbagai kegiatan.


4. Memiliki fasilitas yang layak

Membangun kos-kosan bukan berarti hanya menyediakan kamar saja, tapi Anda juga harus menyediakan berbagai fasilitas yang memang sering dibutuhkan oleh penyewa kos. Misalkan kasur, meja, dan kursi.

 

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan fasilitas lengkap seperti Wifi, parkiran, dapur, water heater, hingga kamar mandi dalam. Karena dengan menawarkan fasilitas lengkap akan membuat penghuni menjadi betah.

 

5. Harga yang kompetitif

Tips membangun kos-kosan selanjutnya yakni menentukan harga. Akan tetapi, sebelum itu sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu, berapa harga yang ditawarkan oleh pemilik kosan lain.

 

Jangan lupa untuk menentukan harga berdasarkan fasilitas serta luas kamar yang Anda sediakan. Termasuk apakah harga yang Anda tentukan sudah meliputi biaya listrik atau belum.

 

Menariknya hal ini bisa Anda lakukan tanpa harus terjun langsung mengamati, cukup dengan searching saja.


Biaya Membangun Kos-Kosan


5 Tips Membangun Kos-Kosan, Kenali Pula Biaya dan Keuntungannya



Ketika memulai bisnis ini, Anda tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, di awal Anda bisa membuat 5 kamar berukuran kecil. Sehingga sebaiknya perhatikan luas tanah dan luas kamar agar bisa mengetahui modal awal.

 

Contohnya jika Anda ingin membangun 5 kamar dengan luas 3x3 maka perhitungannya sebagai berikut.

 

Lahan 15 meter persegi di mana harga per meter 1 juta, maka totalnya Rp15 juta. Sementara biaya bangunan 2,5 juta per meter maka ukuran kamar 3x3 . Dengan begitu totalnya 45 meter persegi apabila untuk 5 kamar.

 

Dengan begitu luas kamar dikalikan harga per meter persegi yakni Rp22,5 juta. Jika total kamar 5 pintu maka totalnya Rp112,5 juta.

 

Untuk Anda yang ingin membangun kos-kosan pastinya membutuhkan beberapa bahan bangunan, termasuk semen. Anda bisa menggunakan Semen SCG yang terbukti berkualitas dan tahan lama. Semen SCG memiliki produk SCG PCC yang mempunyai daya ikat kuat serta rendah penyusutan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi website mereka.

 

Tertarik? Kunjungi langsung websitenya SCG di scgbm.id untuk melihat semua produk-produk yang nantinya bisa Anda pilih sebagai material bangunan untuk membangun kontrakan.

 

Sumber:

 

https://prospeku.com/artikel/bisnis-kos-kosan---4028

https://www.rumah.com/panduan-properti/bisnis-kos-kosan-60459

https://mamikos.com/info/mulai-bisnis-kos-kosan/

Post a Comment for "5 Tips Membangun Kos-Kosan, Kenali Pula Biaya dan Keuntungannya"