Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Menonaktifkan Dana di Bukalapak




Tips Cara Menonaktifkan Dana di Bukalapak – Sebelumnya saya sudah berbagi tips tentang cara mengaktifkan akun DANA di Bukalapak dalam video YouTube. Kali ini saya akan sharing cara menonaktifkan dana di Bukalapak, juga cara mengganti nomor DANA di Bukalapak. Cara ini sudah saya praktekkan di dua akun Bukalapak saya yang masing-masing memiliki akun DANA  yang berbeda.
 

ilustrasi kreatif



Kenapa harus menonaktifkan Akun DANA?

Beberapa hal yang menjadi alasan beberapa pengguna antara lain:

  1. Nomor Telpon Akun Bukalapak ingin diganti yang baru.
  2. Nomor DANA di Bukalapak  sudah mati.
  3. Nomor yang terdaftar DANA di Bukalapak hilang.
  4. Dan beberapa alasan lainnya.


Sebelum anda mengganti nomor DANA, silahkan cek tahapan ini.

Klik Menu Akun yang ada di kanan bawah, kemudian pilih Pengaturan, lalu pilih Pengaturan pembayaran. Nah, disitu anda bisa memastikan apakah akun DANA anda terhubung dengan Bukalapak atau tidak. Jika tidak terhubung, maka anda bisa mengganti nomor telepon kapan saja. Namun, jika akun dana terhubung, anda bisa klik dan pilih Putuskan akun. Namun, setelah anda klik yang muncul adalah “Hubungi Bukalapak”.


pilih menu Akun

Piih Pengaturan
Pilih Pengaturan Pembayaran
Cek DANA


Dalam beberapa kasus sebeumnya anda bisa memutuskan akun DANA dari sini, namun karena terburu-buru dan lain hal, yang kemudian terjadi adalah adanya komplain lain karena ketidak tahuan prosedur yang diterapkan dana maupun Bukalapak. Mungkin karena hal itu akhirya Bukalapak mengambil keputusan untuk mengalihkan pemutusn akun DANA hanya melalui CS Bukalapak agar informasi penting sebelum pemutusan akun bisa tersampaikan.

Sebelum memutuskan akun DANA, ada beberpa hal yang harus diketahui sebelum mengganti nomor DANA di Bukalapak, antara lain:
  1. Jangan langsung mengganti nomor lain jika akun DANA aktif di akun Bukalapak anda.
  2. Jika nomor telpon hilang atau sudah mati, segera hubungi Customer Care 24 jam DANA di 1-500-445 dan tetap kontrol emosi agar permasalahan segera ada solusi.
  3. Saat ini DANA belum ada fitur mengganti nomor ponsel, Namun anda bisa mentransfer uang selagi nomor anda masih aktif dan sudah PREMIUM akun.
Dana Premium



Tahapan Memutuskan Akun DANA di Bukalapak


1. Menyiapkan Dokumen Klaim

Sebelum menghubungi CS Bukalapak, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen seperti KTP dan Buku Tabungan sesuai dengan Rekening Utama yang ada di akun Bukalapak anda. Sebab dokumen ini nantinya akan diminta oleh Customer Care Bukalapak

Ambil beberapa foto:
  • Foto halaman depan buku tabungan
  • Foto diri bersama buku tabungan dan KTP (Jangan Mirror/terbalik)
  • Foto KTP bersama halaman depan buku tabungan






2. Menghubungi CS Bukalapak

Untuk menghubungi CS Bukalapak, anda bisa membuka akun Bukalapak anda di menu Akun di pojok kanan bawah. Geser ke bawah hingga menemukan menu BukaBantuan. Kemudian anda bisa memilih menu Pengajuan Komplain. Setelah klik Pengajuan Komplain, geser ke bawah hingga sapai sub menu Topik Bantuan Lainnya. Pilih Konfirmasi Pembayaran yang nantinya jika di scroll ke bawah, anda akan diarahkan untuk memilih Live Chat atau Isi Form Bantuan. Pilih yang Live Chat dan klik Lanjut.




Di menu Buka Bantuan Premium, anda bisa mengetik pesan singkat sbagai permulaan chat anda dengan CS Bukalapak pada kolom Pesan. Klik mulai percakapan. Silahkan menunggu antrian, dan sebisa mungkin jangan klik menu kembali, karena jika anda mengeklik, maka anda harus mengantri lagi.

Nah, disini sebisa mungkin sampaikan permasalahan anda dengan tenang dan runtut. Sebab Customer Service Bukalapak pastinya akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengkonfirmasi keluhan anda. CS Bukalapak akan mencoba membantu menyelesaikan permasalahan anda.


pilih BukaBantuan



Pengajuan Komplain



Pilih Konfirmasi Pembayaran

Live Chat


Jika anda terpaksa keluar dari menu Live Chat, Anda bisa masuk lagi seperti biasa. Chat anda sebelumnya tidak akan hilang, namun bisa saja admin yang melayani keluhan anda akan berganti, disitu mungkin admin akan meminta konfirmasi beberapa hal yang mungkin sudah ditanyakan oleh CS sebelumnya.


3. Mengganti Nomor Bukalapak

Setelah akun DANA terputus dengan akun Bukalapak, silahkan anda mengganti nomor yang sudah hilang dengan nomor yang baru. Jika ada kendala anda bisa menghubngi kembali Customer Care Bukalapak dengan tahapan seperti sebelumnya.

Jika nomor baru sudah bisa didaftakan, maka anda bisa memilih untuk menghubungkan akun bukalapak ke DANA atau tidak. Ada beberapa alasan kenapa orang memilih mengaktifkan akun DANA-nya di Bukalapa salah satunya adalah karena banyak promo yang bisa didapatkan jika menggunakan akun DANA sebagai pilihan metode pembayaran di Bukalapak.

Jadi demikian tadi tips dari saya, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa membantu mencerahkan permasalahan yang anda hadapi ketika ingin mengganti nomor Bukalapak yang sudah terhubung dengan DANA. Bagaimana pengalaman anda dengan DANA? Jangan lupa tulis di kolom Komentar ya. J


Sumber referensi, Pengalaman pribadi, FAQ DANA dan Bukalapak.


Bukalapak          : https://bukabantuan.bukalapak.com
DANA                : https://dana.id/faq
Hadi                    : https://www.instagram.com/hadibusanery





19 comments for "Tips Cara Menonaktifkan Dana di Bukalapak "

  1. Tipsnya sangat mantul dan berfaedah, Kak.
    Buat yg sering transaksi di Bukalapak, niscaya terbantu banget dgn artikel ini.
    Makasiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak, kemarin banyak tang nanyain di YouTube makannya pas udah cobain langsung saya tulis biar gak lupa.

      Delete
  2. Wah, penting banget ini infonya. Aku ga punya akun Dana sih. Tapi Suami pelanggan bukalapak. Coba kutanyain dia pake Dana atau ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin aku pas aktifasi Dana di Bukalapak dapet Cashback 20.000 😁

      Delete
  3. oh ternyata bisa ya menonaktifkan akun Dana.. pernah buat akun Dana tapi belum pernah diisi lagi

    ReplyDelete
  4. Aku juga jarang dipakai kak, cuman pas ada promo Alhamdulillah membantu hehehe

    ReplyDelete
  5. lengkap sekali artikelnya, step by step plus screen shotnya juga. Mantul!

    ReplyDelete
  6. Wow informative dan lengkap banget,

    Dan pastinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Belum pernah pakai DANA. merasa belum perlu. Tapi kalau ingat di sana ada potongan atau diskon sana sini, tergiur juga

    ReplyDelete
  8. kekinian banget ini artikelnya.
    aku belum pernah pakai DANA juga, si dan merasa belum perlu.
    Tapi emang DANA ini ada di mana-mana dan mempermudah orangorang buat pembayaran dengan diskon-diskonnya. wkwkwkw

    ReplyDelete
  9. Begitu ternyata caranya. Makasih mbak atas informasinya sangat membantu sekali. Kadang suka binggung untuk urusan ganti ganti ini. Apalagi kalo hp ilang atau no kontaknya dah non aktif. Bisa bingung sendiri

    ReplyDelete
  10. Artikelnya lengkap..
    Sangat membantu bagi pelanggan bukalapak

    ReplyDelete
  11. Oh bermanfaat banget postingan ini. Saya juga beberapa kali transaksi di buka lapak. Setidaknya infonya bisa memberi pencerahan.

    ReplyDelete
  12. Simpan dulu ya, aku gak punya aplikasi Dana sih. Selama ini kalo bayar pakai cara transfer via ATM

    ReplyDelete
  13. Jadi pengin buka apps Bukalapak.
    Heheeh...uda lama ga belanja online.
    Tapi aku ga pake DANA. Banyak kelebihannya kah?

    ReplyDelete
  14. Makasih infonya dulu sempet kejadian ganti no yg di bukalapak gara2 ke blokir dan tahapannya sesuai dengan artikel ini

    ReplyDelete
  15. Aku juga nggak make dana, belum tahu caranya tapi ternyata bisa dinonaktifkan ya, keren!

    ReplyDelete
  16. Wah, pas banget nih.. kemarin temen ada kasus nomornya yang buat akun dana sudah gak aktif.. bermanfaat banget. Maksih

    ReplyDelete
  17. Info-info begini yang memang dibutuhkan para customer kan, suka bingung kadang cari caranya. Lumayan deh ini jadi nambah pengetahuan, selama ini aku pake dana untuk aplikasi tiket aja ternyata gini jadi tau bisa dinonaktifkan juga.

    ReplyDelete