Tips Cara Menonaktifkan Dana di Bukalapak
Tips Cara Menonaktifkan Dana di Bukalapak
– Sebelumnya saya sudah berbagi tips tentang cara mengaktifkan akun DANA di
Bukalapak dalam video YouTube. Kali ini saya akan sharing cara menonaktifkan dana di Bukalapak, juga cara mengganti
nomor DANA di Bukalapak. Cara ini sudah saya praktekkan di dua akun Bukalapak
saya yang masing-masing memiliki akun DANA yang berbeda.
ilustrasi kreatif |
Kenapa
harus menonaktifkan Akun DANA?
Beberapa
hal yang menjadi alasan beberapa pengguna antara lain:
- Nomor Telpon Akun Bukalapak ingin diganti yang baru.
- Nomor DANA di Bukalapak sudah mati.
- Nomor yang terdaftar DANA di Bukalapak hilang.
- Dan beberapa alasan lainnya.
Sebelum
anda mengganti nomor DANA, silahkan cek tahapan ini.
Klik
Menu Akun yang ada di kanan bawah,
kemudian pilih Pengaturan, lalu pilih
Pengaturan pembayaran. Nah, disitu
anda bisa memastikan apakah akun DANA anda terhubung dengan Bukalapak atau
tidak. Jika tidak terhubung, maka anda bisa mengganti nomor telepon kapan saja.
Namun, jika akun dana terhubung, anda bisa klik dan pilih Putuskan akun. Namun, setelah anda klik yang muncul adalah “Hubungi Bukalapak”.
pilih menu Akun |
Piih Pengaturan |
Pilih Pengaturan Pembayaran |
Cek DANA |
Dalam
beberapa kasus sebeumnya anda bisa memutuskan akun DANA dari sini, namun karena
terburu-buru dan lain hal, yang kemudian terjadi adalah adanya komplain lain
karena ketidak tahuan prosedur yang diterapkan dana maupun Bukalapak. Mungkin
karena hal itu akhirya Bukalapak mengambil keputusan untuk mengalihkan pemutusn
akun DANA hanya melalui CS Bukalapak agar informasi penting sebelum pemutusan
akun bisa tersampaikan.
Sebelum
memutuskan akun DANA, ada beberpa hal yang harus diketahui sebelum mengganti
nomor DANA di Bukalapak, antara lain:
- Jangan langsung mengganti nomor lain jika akun DANA aktif di akun Bukalapak anda.
- Jika nomor telpon hilang atau sudah mati, segera hubungi Customer Care 24 jam DANA di 1-500-445 dan tetap kontrol emosi agar permasalahan segera ada solusi.
- Saat ini DANA belum ada fitur mengganti nomor ponsel, Namun anda bisa mentransfer uang selagi nomor anda masih aktif dan sudah PREMIUM akun.
Dana Premium |
Tahapan
Memutuskan Akun DANA di Bukalapak
1. Menyiapkan
Dokumen Klaim
Sebelum
menghubungi CS Bukalapak, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen seperti KTP
dan Buku Tabungan sesuai dengan Rekening Utama yang ada di akun Bukalapak anda.
Sebab dokumen ini nantinya akan diminta oleh Customer Care Bukalapak
Ambil
beberapa foto:
- Foto halaman depan buku tabungan
- Foto diri bersama buku tabungan dan KTP (Jangan Mirror/terbalik)
- Foto KTP bersama halaman depan buku tabungan
2. Menghubungi
CS Bukalapak
Untuk
menghubungi CS Bukalapak, anda bisa membuka akun Bukalapak anda di menu Akun di pojok kanan bawah. Geser ke
bawah hingga menemukan menu BukaBantuan.
Kemudian anda bisa memilih menu Pengajuan
Komplain. Setelah klik Pengajuan
Komplain, geser ke bawah hingga sapai sub menu Topik Bantuan Lainnya. Pilih Konfirmasi
Pembayaran yang nantinya jika di scroll
ke bawah, anda akan diarahkan untuk memilih Live Chat atau Isi Form Bantuan. Pilih yang Live Chat dan klik Lanjut.
Di menu
Buka Bantuan Premium, anda bisa
mengetik pesan singkat sbagai permulaan chat anda dengan CS Bukalapak pada
kolom Pesan. Klik mulai percakapan. Silahkan
menunggu antrian, dan sebisa mungkin jangan klik menu kembali, karena jika anda
mengeklik, maka anda harus mengantri lagi.
Nah,
disini sebisa mungkin sampaikan permasalahan anda dengan tenang dan runtut.
Sebab Customer Service Bukalapak pastinya akan menanyakan beberapa pertanyaan
untuk mengkonfirmasi keluhan anda. CS Bukalapak akan mencoba membantu
menyelesaikan permasalahan anda.
pilih BukaBantuan
|
Live Chat |
Jika anda terpaksa keluar dari menu Live Chat,
Anda bisa masuk lagi seperti biasa. Chat anda sebelumnya tidak akan hilang,
namun bisa saja admin yang melayani keluhan anda akan berganti, disitu mungkin
admin akan meminta konfirmasi beberapa hal yang mungkin sudah ditanyakan oleh
CS sebelumnya.
3. Mengganti
Nomor Bukalapak
Setelah
akun DANA terputus dengan akun Bukalapak, silahkan anda mengganti nomor yang
sudah hilang dengan nomor yang baru. Jika ada kendala anda bisa menghubngi
kembali Customer Care Bukalapak dengan tahapan seperti sebelumnya.
Jika
nomor baru sudah bisa didaftakan, maka anda bisa memilih untuk menghubungkan
akun bukalapak ke DANA atau tidak. Ada beberapa alasan kenapa orang memilih
mengaktifkan akun DANA-nya di Bukalapa salah satunya adalah karena banyak promo
yang bisa didapatkan jika menggunakan akun DANA sebagai pilihan metode
pembayaran di Bukalapak.
Jadi
demikian tadi tips dari saya, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa membantu
mencerahkan permasalahan yang anda hadapi ketika ingin mengganti nomor Bukalapak
yang sudah terhubung dengan DANA. Bagaimana pengalaman anda dengan DANA? Jangan lupa tulis di kolom Komentar ya. J
Sumber
referensi, Pengalaman pribadi, FAQ DANA dan Bukalapak.
Bukalapak : https://bukabantuan.bukalapak.com
DANA : https://dana.id/faq
Hadi : https://www.instagram.com/hadibusanery
Tipsnya sangat mantul dan berfaedah, Kak.
ReplyDeleteBuat yg sering transaksi di Bukalapak, niscaya terbantu banget dgn artikel ini.
Makasiii
Makasih kak, kemarin banyak tang nanyain di YouTube makannya pas udah cobain langsung saya tulis biar gak lupa.
DeleteWah, penting banget ini infonya. Aku ga punya akun Dana sih. Tapi Suami pelanggan bukalapak. Coba kutanyain dia pake Dana atau ngga
ReplyDeleteKemarin aku pas aktifasi Dana di Bukalapak dapet Cashback 20.000 😁
Deleteoh ternyata bisa ya menonaktifkan akun Dana.. pernah buat akun Dana tapi belum pernah diisi lagi
ReplyDeleteAku juga jarang dipakai kak, cuman pas ada promo Alhamdulillah membantu hehehe
ReplyDeletelengkap sekali artikelnya, step by step plus screen shotnya juga. Mantul!
ReplyDeleteWow informative dan lengkap banget,
ReplyDeleteDan pastinya sangat bermanfaat
Belum pernah pakai DANA. merasa belum perlu. Tapi kalau ingat di sana ada potongan atau diskon sana sini, tergiur juga
ReplyDeletekekinian banget ini artikelnya.
ReplyDeleteaku belum pernah pakai DANA juga, si dan merasa belum perlu.
Tapi emang DANA ini ada di mana-mana dan mempermudah orangorang buat pembayaran dengan diskon-diskonnya. wkwkwkw
Begitu ternyata caranya. Makasih mbak atas informasinya sangat membantu sekali. Kadang suka binggung untuk urusan ganti ganti ini. Apalagi kalo hp ilang atau no kontaknya dah non aktif. Bisa bingung sendiri
ReplyDeleteArtikelnya lengkap..
ReplyDeleteSangat membantu bagi pelanggan bukalapak
Oh bermanfaat banget postingan ini. Saya juga beberapa kali transaksi di buka lapak. Setidaknya infonya bisa memberi pencerahan.
ReplyDeleteSimpan dulu ya, aku gak punya aplikasi Dana sih. Selama ini kalo bayar pakai cara transfer via ATM
ReplyDeleteJadi pengin buka apps Bukalapak.
ReplyDeleteHeheeh...uda lama ga belanja online.
Tapi aku ga pake DANA. Banyak kelebihannya kah?
Makasih infonya dulu sempet kejadian ganti no yg di bukalapak gara2 ke blokir dan tahapannya sesuai dengan artikel ini
ReplyDeleteAku juga nggak make dana, belum tahu caranya tapi ternyata bisa dinonaktifkan ya, keren!
ReplyDeleteWah, pas banget nih.. kemarin temen ada kasus nomornya yang buat akun dana sudah gak aktif.. bermanfaat banget. Maksih
ReplyDeleteInfo-info begini yang memang dibutuhkan para customer kan, suka bingung kadang cari caranya. Lumayan deh ini jadi nambah pengetahuan, selama ini aku pake dana untuk aplikasi tiket aja ternyata gini jadi tau bisa dinonaktifkan juga.
ReplyDelete